web analytics

Blog

Jam Dan Ikat Pinggang Wajib Dilepas Saat Masuki X-Ray Terminal Bandara

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 16 Oct 2015 ; 5008 Views Kategori: Nusantara

pemeriksaan bandaraKementerian Perhubungan Mewajibkan setiap calon penumpang pesawat untuk melepas   jam tangan atau ikat pinggang pada saat menjalani pemeriksaan oleh petugas di pintu metal detektor (x-ray) terminal bandara.

“Keberadaan pisau itu bisa terdeteksi saat melalui x-ray. Itulah sebabnya mengapa jam tangan dan ikat pinggang wajib di lepas,” kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo, saat sosialisasi peraturan di bidang penerbangan di Surabaya, Kamis (15/10).

Suprasetyo menambahkan, pemeriksaan ini nantinya juga akan diterapkan di seluruh bandara termasuk Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) selambat-lambatnya akhir Desember 2015.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo disela-sela Sosialisasi Peraturan Di Bidang Penerbangan menjelaskan, peraturan itu dibuat demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang selama dalam penerbangan.

“Keamanan itu sangat penting. Bukan hanya untuk maskapai tapi juga untuk penumpangnya. Maskapai akan merasa aman jika seluruh bandara tertutup oleh pagar dan tidak bisa dimasuki oleh orang-orang yang tidak berkepentingan. Sementara itu penumpang juga merasa nyaman jika tidak ada masalah selama dalam penerbangan,” kata Suprasetyo.

Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 127 Tahun 2015 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional (PKPN).

Menurut Suprasetyo, sabuk atau ikat pinggang harus diperiksa karena bisa saja penumpang yang berniat jahat menyimpan senjata atau pisau yang tipis di dalam kulit ikat pinggangnya.

Jam tangan yang canggih juga bisa menjadi senjata seperti menyiapkan jarum-jarum beracun yang mengoperasikannya melalui tombol-tombol yang ada pada jam tangan.

Mengingat pemeriksaan tersebut akan menyita waktu, Suprasetyo mengimbau kepada calon penumpang untuk melakukan check in  sebelum keberangkatan penerbangan.(Humas Kemenhub/ES)

Artikel lainnya :